Jumat, 29 Juni 2012

Panen Gembili 2012 dengan Bupati Marjoko


                                                       
Salam Pertanian,
Pagi tadi di Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas kedatangan Bapak Bupati beserta rombongan dalam acara kunjungan Desa tepatnya ke Desa Kalicupak Lor, Kalicupak Kidul dan Petir meninjau masyarakat tani sedang mengadakan Gropyokan Tikus. 

Sekitar jam 10.00 WIB Bapak Bupati Marjoko menghadiri Panen Perdana Gembili di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Lahan Gembili yang terdiri dari 4 bedengan yang memanjang kepunyaan Bapak Parta/Sakim. Tak menyangka petani yang sudah biasa menanam gembili ini kedatangan Bapak Bupati Marjoko. Bpk Parta menuturkan gembili yang dipanenya termasuk gembili jahe.
 
Bapak Bupati Marjoko dalam pidatonya mengatakan bahwa dilahan pekarangan yang kosong untuk dimanfaatkan tanaman umbi-umbian diantaranya; gembili, ganyong, suwi, uweg, gadung, dll. Kabupaten Banyumas juga terdapat desa yang sudah memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami gembili, ganyong, suweg, uwi, gadung yaitu Desa Karangendep Kecamatan Patikraja. Masyarakat agar lebih menganekaragamkan makanan sehari hari yaitu untuk ketahanan pangan yang sejajar dengan Nasi dan gandum. Makanan Gembus yang paling enak ada di Kecamatan Kemranjen, sekarang gembus di Sawangan Kecamatan Patikraja tidak kalah enaknya.   




By Yusuf Himura 
THL-TBPP Kabupaten Banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar